(Sabtu, 13 Februari 2016) Horas, Halak, Hita (H3) merespon cepat untuk mendukung pemerintah dalam kembangkan pariwisata Danau Toba dengan menghelat sebuah acara bertajuk Silaturahmi Menyongsong Pariwisata Danau Toba, diadakan di Balai Sarbini, Jakarta. Beberapa tokoh-tokoh besar ditemui hadir dalam acara ini antara lain Menkopolhukam, Menpar, Menko Perekonomian, Menteri Perdagangan, dan masih banyak lagi.

Komunitas H3 menggelar turnamen golf yang bertajuk Wonderful Toba Golf Tournament pada tanggal 14 Mei 2016. Bertempat di Padang Golf Damai Indah Kapuk PIK, Jakarta. Turnamen golf persahabatan ini diikuti total 121 pegolf dari berbagai perwakilan komunitas, instansi dan perusahaan. Wonderful Toba Golf Tournament merupakan awal kick-off aktivasi program dari H3 yakni serangkaian event wisata Toba Internasional Detour 2016.

Kawasan Car Free Day (CFD) Monas - Bundaran HI, Jakarta, dipadati oleh manusia yang berbondong-bondong turut dukung mempromosikan Danau Toba. Hal tersebut karena event FunWalk for Wonderful Toba, sebuah event jalan santai dengan berbagai hadiah dan tamu istimewa. Diikuti sekitar 10.000 lebih peserta, event tersebut berhasil menarik perhatian massa dan jadi rangkaian Toba International Detour kedua yang berhasil dilaksanakan di ibukota.

Touring Motor Gede (Moge) menjelajahi Sumatera Utara berjarak sekitar 500 km diikuti sebanyak kurang lebih 250 motor raksasa. Tour dilalui dengan 2 etape, tanggal 21-22 Mei 2016, start dari Tapanuli Tengah dan finish di Kota Medan. Tour GCR juga diiringi dengan berbagai kegiatan seperti welcome dinner dengan Bupati Tapteng dan CSR (Community Social Responsibility). Kabar baiknya event GCR berhasil memperoleh 3 rekor LEPRID.

Ajang touring bersepeda jarak jauh menjelajahi kawasan Danau Toba bertajuk Toba GranFondo. Diikuti sebanyak 238 pesepeda roadbike lebih dari 13 negara. Ajang ini menempuh jarak hampir sejauh 200km dalam 2 hari pada tanggal 20-21 Agustus 2016 dengan mengambil titik start dari Medan dan finish keesokan harinya di Parapat. Merupakan event terbesar granfondo pertama kali yang diadakan di wilayah Sumatera Utara.

Pulau Samosir sebagai pulau kepingan surga karena keindahannya menjadi tuan rumah perhelatan ajang marathon terbesar di Sumatera Utara untuk kedua kalinya, Samosir Lake Toba Ultra Marathon 2016. Sebanyak 1050 pelari dari 16 negara berkumpul memadati area Hotel Sitio-Tio, Jl. Aek Pangururan yang ditetapkan sebagai titik start dan finish dari lomba lari ultra marathon tersebut. Berkeliling Gunung Pusuk Buhit, Samosir Lake Toba Ultra Marathon 2016 terdiri dari 4 kategori mulai dari 5k, 10k, 25k, hingga 50k, dengan total hadiah sebesar 125 juta rupiah.

Gelaran pertemuan yang diadakan oleh Komunitas H3 di Plaza Simas, pada hari Selasa tanggal 17 Januari 2017. Agenda pertemuan ini adalah berdikusi atau mensosialisasikan perogram kegiatan pendukung pengembangan Danau Toba. Mengundang jajaran Pemerintah Kabupaten di kawasan Danau Toba dan Badan Pelaksana Otorita Pariwisata Danau Toba. Sehubungan dengan rencana Integrated Tourism Seminar pada Maret mendatang, Pertemuan ini menghasilkan serangkaian program kerja untuk kemajuan Danau Toba.