Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan Menyerahkan Penghargaan ke 5 Pemenang Kontes Foto Toba Nauli 2017

0
122

Eksibisi Foto Toba Nauli 2017 berlangsung sejak 27 Juli dan akan berakhir pada 30 Juli 2017. Penutupan eksibisi foto dibarengi dengan pemberian penghargaan kepada lima pemenang Kontes Foto Toba Nauli 2017. Meski berlangsung hanya empat hari, Eksibisi Foto Toba Nauli 2017 telah dihadiri oleh 3000 pengunjung dan memperoleh antusiasme tinggi dari pengunjung terutama wisatawan asing.

Penutupan dan Pemberian Penghargaan Toba Nauli 2017 ini sangat spesial karena dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan dan Ketua Komunitas H3, Dumoly F. Pardede. Sebelum bergabung dalam acara penutupan, Luhut Binsar Pandjaitan melakukan gallery visit and tour bersama dengan ketiga kurator Toba Nauli 2017 yaitu Nicolas Marino, Ricky Siegers, dan Aryono Huboyo Djati, serta kelima pemenang kontes foto. Luhut Binsar Pandjaitan benar-benar memperhatikan setiap foto Danau Toba dengan seksama, melihat nilai keindahan alam dan budaya yang dikisahkan dalam sebuah foto.

Usai berkeliling, Luhut Binsar Pandjaitan naik ke atas panggung dan memberikan sambutan pada Penutupan Eksibisi Foto Toba Nauli 2017. “Saya berterima kasih atas jerih payah panitia acara ini, kita memang mesti bekerja keras untuk membuat Indonesia lebih baik, khusus untuk Danau Toba, harus 1 juta turis yang datang ke sana, itu bisa buka lapangan kerja banyak dan membuat wisata Indonesia lebih dikenal lagi di dunia,” ujar Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan.

“Hasil survei, 30 persen turis datang ke suatu destinasi wisata karena keindahan alamnya, 60 persen karena keunikan budayanya, dan 10 persen karena melihat sarana dan prasarananya. Nantinya wisatawan yang akan berkunjung ke Danau Toba bisa langsung melalui Bandara Silangit. Tahun ini, Bandara Silangit akan dikembangkan menjadi bandara internasional. Artinya, akan ada penerbangan langsung dari Luar Negeri ke Silangit. Semisal, akan ada penerbangan langsung dari Singapura dan Tiongkok,” tambahnya.

Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan mengucapkan terima kasih pula kepada Komunitas H3 yang telah membantu mempromosikan pariwisata Sumatera Utara melalui acara Toba Nauli 2017 ini. Acara yang dimulai dari kontes foto (1 Maret – 15 Juli 2017) telah sampai pada puncaknya yaitu Eksibisi Foto Toba Nauli 2017 (27 Juli – 30 Juli 2017) yang menampilkan 80 foto terbaik dan 5 pemenang kontes foto. Kelima karya foto terbaik ini adalah Ares Jonekson Saragi (Medan) dengan karyanya Panen Padi, Andru Kosti (Medan) dengan karyanya Cucian Pagi, Asmon Pardede (Toba Samosir) dengan karyanya Tradisi Pemindahan Tulang Belulang Leluhur, Angelus Agustinus (Jakarta) dengan karyanya Panatapan Tele Tempat Memandang dari Kejauhan, dan Zulfikri Sasma (Padang) dengan karyanya Membuat Ulos.

Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan kembali ke atas panggung, kali ini untuk menyerahkan sertifikat dan medali kepada kelima pemenang kontes foto. Kemudian Bapak Rohan Hafas, Senior Vice President – Corporate Secretary PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. Memberikan penghargaan kepada kelima pemenang berupa giant check. Tak usai begitu saja, Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan menyematkan ulos kepada ketiga kurator Toba Nauli 2017, Ricky Siegers, Nicolas Marino, dan Aryono Huboyo Djati. Acara penutupan pun diakhiri dengan sebuah nyanyian berjudul Indonesia Jaya yang dinyanyikan Lea Simanjuntak.

Bagi Anda yang belum berkesempatan melihat pesona keindahan Danau Toba di Eksibisi Toba Nauli 2017, eksibisi akan diperpanjang hingga 31 Agustus 2017 mulai pukul 09.00 hingga 15.00 di Museum Bank Mandiri, Jakarta. (idr)