Menuju Masyarakat Sejahtera Melalui Usaha Ture Ugari Nusantara

0
2420

htiga.org – Komunitas Horas Halak Hita (H3) terus-menerus berinovasi sebagai langkah perkembangan Indonesia, khususnya kawasan pariwisata Danau Toba, Sumatera Utara. Kali ini, H3 memprakarsai sebuah usaha bernama Ture Ugari Nusantara (TUN). Berfokus mengembangkan elemen pariwisata Danau Toba, TUN membagi pokok usaha antara lain Heritage Article Trading, Management Consulting, dan Event Management.

Heritage Article Trading merupakan salah satu poin usaha TUN dalam meningkatkan nilai jual aset-aset budaya Danau Toba. Untuk poin ini, TUN akan memperjual-belikan barang yang mengandung unsur budaya, seperti pakaian, kerajinan, dan produk kreatif lokal lainnya. Seperti contoh kemeja bermotif Ulos, miniatur rumah adat Batak, dan lain-lain. Metode pemasaran akan dilakukan secara offline dan online.

Kemudian, TUN juga akan mendirikan sebuah program CSR Blodshare. Blodshare adalah kegiatan donor darah melalui kerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI). Program ini
ditujukan sebagai kegiatan sosial untuk masyarakat dengan memberikan solusi layanan donor darah yang nyaman dan menambah suplai atas kebutuhan darah. Blodshare juga akan mengedukasi masyarakat tentang prosedur donor darah.

Selain itu, TUN turut mendukung pengembangan masyarakat untuk memperkuat sektor pariwisata. Adapun program yang direncanakan yang pertama adalah womanpreneurship, sebuah pembekalan dasar terhadap masyarakat perempuan dengan keterampilan sehingga lebih produktif dan memiliki kualitas. Kedua yaitu pemberian sertifikasi usaha sebagai standarisasi untuk meningkatkan daya saing produk usaha pariwisata Pemerintah. Kemudian meningkatkan jumlah Homestay untuk mengantisipasi terbatasnya penginapan yang kurang merata di kawasan Danau Toba sekaligus mendukung program Pemerintah yaitu 1000 homestay di tahun 2017.

TUN juga membagi fokus usaha sebagai event management agar program dapat terus berjalan stabil. Event dapat menghasilkan bantuan besar untuk memenuhi tujuan dari program-program TUN. Dengan adanya TUN, diharapkan Sumatera Utara terutama kawasan Danau Toba dapat menjadi destinasi pilihan dengan penduduk lokal yang berkualitas. (rnd)