Rayakan Hari Ulos Sekaligus Pengajuan ke UNESCO

0
246
hari ulos nasional fashion batak indonesia

htiga.org – Sejak tahun 2014, Hari Ulos Nasional telah ditetapkan pada tanggal 17 Oktober oleh Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan Nasional. Di tahun 2016 ini, perayaan Hari Ulos akan digelar di Convention Hall Hotel Danau Toba International, Medan, Senin (17/10).

Pada gelaran tersebut, kain ulos khas Batak juga akan didaftarkan sebagai warisan dunia UNESCO. Kain ulos merupakan kain yang sudah melegenda di Indonesia, khususnya bangsa Batak. Dengan diusulkannya kain ulos, diharapkan kerajinan kesenian budaya Indonesia dapat semakin dikenal dunia dan menambah kesadaran untuk melestarikannya.

“Kita ingin ulos ini mendunia dan kita akan siapkan untuk didaftarkan menjadi warisan budaya tak benda dunia ke Unesco,” ujar Ketua Panitia Hari Ulos, Enni Martalena Pasaribu.

Pada hari Jum’at (14/10), para panitia mensosialisasikan pada masyarakat akan adanya perayaan Hari Ulos di Hotel Danau Toba. Mereka memberitahu masyarakat dengan berkeliling Kota Medan sambil membentangkan spanduk Hari Ulos 2016. Dengan demikian diharapkan warga Sumatera Utara terutama di Medan dapat menghadiri acara dan menambah edukasi akan pentingnya kain ulos.

Sejumlah kegiatan telah dipersiapkan oleh panitia untuk menyambut para tamu yang hadir. Panitia juga mengundang tamu dari berbagai lapisan masyarakat termasuk penenun ulos dari 7 Kabupaten di Kawasan Danau Toba untuk memperagakan proses menenun ulos.

“Panitia telah menyiapkan atraksi budaya, khususnya menyambut seluruh undangan dari lapisan masyarakat, tokoh adat, FKPD dan tamu-tamu dari luar Sumut,” tambah Enni.

Adapun beberapa kegiatan utama dalam perayaan Hari Ulos 2016 diantaranya yaitu Pameran Ulos Kabupaten/Kota, Fashion Show Busana Ulos, Ulos Gallery, Talk Show Ulos Menuju Dunia, Atraksi Budaya Batak, dan hiburan lainnya. (rnd)