TNP17 dan Kaitannya dengan Promosi Pariwisata Indonesia

0
24

TNP17 dan Kaitannya dengan Promosi Pariwisata Indonesia

Danau Toba merupakan wisata unggulan Indonesia dan menjadi salah satu dari 10 destinasi wisata prioritas yang ditetapkan oleh pemerintah. Untuk membuat keindahan ini semakin dikenal, serangkaian kegiatan kebudayaan hingga olahraga pun pernah dilakukan di Danau Toba. Sejak tahun 2016, Komunitas H3 (Horas Halak Hita) menggagas Toba International Detour dan berkontribusi mempromosikan pariwisata Danau Toba. Tahun 2017 ini Komunitas H3 bersama dengan Kementerian Pariwisata kembali mengulang kesuksesan tersebut dengan menyelenggarakan Toba International Detour 2017 yang terdiri atas 4 rangkaian kegiatan, Toba Nauli Photo Contest & Exhibition (Juli), Toba GranFondo (Agustus), Toba Trail Run (Oktober), dan Coffee Festival Toba (Desember).

Komunitas H3 memulai Toba International Detour dengan menyelengarakan Toba Nauli Photo Contest & Exhibition 2017 (TNP17).  “Kompetisi dan pameran foto TNP17 ini akan berkontribusi besar untuk promosi Pariwisata Indonesia. Danau Toba dalam potret fotografi bisa dinikmati oleh semua orang. Terlebih pameran akan diadakan di Museum Mandiri Jakarta di mana lokasi tersebut merupakan salah satu titik tujuan wisatawan di Jakarta,” ujar Toto Chanaro, Ketua Panitia TNP17.

Kompetisi foto online sudah dibuka sejak 1 Maret 2017 hingga 15 Juli 2017 mendatang dan dapat diunggah melalui website resmi www.tobanauli.id. TNP17 memiliki 4 kategori foto yaitu Culture, Landscape, Portrait, dan Social Life TNP17 mencari foto yang dapat  untuk menunjukkan bahwa keindahan Danau Toba tak hanya tentang alamnya saja, melainkan banyak keindahan lainnya dalam rupa budaya, kegiatan sehari-hari, dan wajah-wajah masyarakat yang tinggal di sana.

Foto-foto kompetisi yang masuk di tobanauli.id dapat diakses secara bebas oleh semua orang. Sehingga sangat berguna bagi orang-orang yang berencana wisata ke Danau Toba dan tengah mencari informasi. Foto-foto Danau Toba yang diambil dengan indah ini memang mencantumkan lokasi hingga deskripsi lengkap kisah dibalik foto. Diakui oleh salah satu calon wisatawan Danau Toba, Firman Agustian, “Saya berencana mengunjungi Danau Toba dan ketika melihat tobanauli.id, saya menemukan tempat-tempat baru seperti menara tele untuk melihat danau Toba dari ketinggian, berbagai pantai di Pulau Samosir yang berpasir putih dan indah, bahkan saya menemukan kuliner khas Danau Toba yang difoto oleh salah satu peserta. Saya langsung ingin mencobanya.”

Fotografi adalah medium yang dapat dinikmati semua orang. Sebagai satu-satunya kegiatan fotografi yang terdaftar pada Calendar of Event Pariwisata Danau Toba, diharapkan kontribusi ini dapat berpengaruh besar bagi promosi wisata Danau Toba. (idr)