TNP17 Menggaet Komunitas Fotografi untuk Berpartisipasi

0
179

TNP17 Menggaet Komunitas Fotografi untuk Berpartisipasi

Tahun kedua Toba International Detour dimeriahkan oleh hadirnya Toba Nauli Photo Contest and Exhibition 2017 (TNP17) untuk pertama kalinya. Acara ini merupakan kompetisi dan pameran fotografi bertemakan Danau Toba yang bertujuan menampilkan keindahan salah satu danau kaldera terbesar di dunia. Kompetisi foto ini dimulai sejak 1 Maret lalu dan akan ditutup submisinya pada 15 Juli mendatang. Sementara pameran TNP17 sendiri akan diadakan pada 27 hingga 30 Juli 2017.

Kompetisi dan pameran TNP17 ini terbuka untuk pelajar dan umum. Masing-masing bisa menguload karya sesuai kategori yang diinginkan yaitu portrait, landscape, culture, dan social life. TNP17 sendiri menggaet berbagai komunitas fotografi di antaranya Toba 360 Photography Club, Sendal Jepit Medan, Fotografer Klub Medan, 1x.com, serta komunitas dan kelompok fotografer di Indonesia serta mancanegara.

TNP17 selain bertujuan untuk mempromosikan pariwisata Danau Toba, juga menjadi wadah bagi pecinta fotografi untuk saling tukar ilmu dan memamerkan karya masing-masing bertemakan Danau Toba. Pun hasil-hasil foto yang masuk juga dapat menjadi referensi sebagai sesama pecinta dunia fotografi baik dari segi ilmu maupun  berbagi informasi lokasi foto baru di Danau Toba yang kedepannya bisa menjadi lokasi hunting foto.

Saat ini jumlah foto yang masuk telah mencapai 600 lebih karya dan terus bertambah. Kurator utama TNP17 Ricky Siegers, Nicolas Marino, dan Aryono Huboyo Djati perlahan-lahan telah mengkurasi dan memilih foto-foto terbaik yang akan ikut dalam pameran TNP17. “Kami mulai memasuki tahap kurasi dan memilih foto-foto terbaik. Kami harapkan masih banyak lagi foto yang masuk mengingat submisi masih sampai 15 Juli 2017,” ujar Ricky Siegers.

Selam pameran TNP17, komunitas fotografi boleh turut serta dalam Photo Clinic and Workshop yang berlangsung selama pameran juga. Tiga kurator utama TNP17 akan berbagi ilmu dan pengalaman mereka. Dan di penghujung acara pada tanggal 30 Juli 2017, akan ada hunting foto bersama dengan para kurator. Selain dapat lebih dekat dengan kurator, komunitas fotografi bisa saling mengenal satu sama lain pula. Untuk informasi lebih lanjut mengenai TNP17 ini dapat diperoleh dengan mengakses tobanauli.id.  (idr)