Tobadetor Dicanangkan Sebagai Event Internasional oleh Kementerian Pariwisata

0
217

Tobadetor Dicanangkan Sebagai Event Internasional oleh Kementerian Pariwisata

Toba International Detour dirilis bersama jajaran event unggulan pariwisata Danau Toba oleh Kementerian Pariwisata (Kemenpar). Tahun 2017 ini Toba International Detour terdiri atas empat kegiatan yakni Toba Nauli Photo Contest & Exhibition (Juli), Toba GranFondo (Agustus), Toba Trail Run (Oktober), dan Coffee Festival Toba (Desember). Keempat event ini merupakan gagasan Komunitas H3 (Horas Halak Hita) bersama dengan Kementerian Pariwisata untuk mendukung peningkatan wisata Sumatera Utara, Danau Toba sebagai wisata unggulan Indonesia.

Kementerian Pariwisata, Maret (20/3) menggelar Launching Calendar of Event Pariwisata Danau Toba. Keempat rangakaian event Toba International Detour disebutkan oleh Menteri Pariwisata Indonesia, Bapak Arief Yahya sebagai event yang patut dinantikan, terlibih terdapat dua event sport-toursim yang sangat menarik perhatian wisatawan mancanegara.

Toba GranFondo dan Toba Trail Run disebut sebagai festival berskala internasional di antara seluruh event Danau Toba lainnya. Hal ini mengingat tahun 2016 silam di mana sport-tourism yang digagas Komunitas H3 diikuti oleh banyak sekali pegiat olahraga mancanegara. Dan tahun ini Bapak Arief Yahya berharap kedua event tersebut kian diminati. Dua kegiatan tersebut tak hanya memamerkan keindahan Danau Toba, tapi juga menunjukkan keindahan daerah sekitar dan kebudayaan Toba.

Sebagai pembukaan seluruh rangkaian Toba International Detour, Komunitas H3 memulainya dengan mengadakan Toba Nauli Photo Contest & Exhibition 2017 (TNP17). TNP17 merupakan event fotografi yang mengangkat seluruh esensi keindahan di Danau Toba. Ada kompetisi foto online yang nantinya dipamerkan di Eksibisi TNP17 di Museum Bank Mandiri Jakarta, tanggal 27-30 Juli 2017 mendatang.  (idr)