Video: Presisi Matematika dalam Tradisi Nusantara

0
601
gorga-rumah-bolon-adat-batak

htiga.org – Negara Indonesia dikenal juga dengan nama Nusantara karena tradisi dan budaya yang beragam. Kondisi masyarakat yang egaliter juga membuat Indonesia kaya akan nilai seni tradisi. Uniknya, seni tradisi Indonesia khusushnya seni rupa dipercaya memiliki pengalaman matematika tanpa mengenal alat, angka, maupun satuan. Bagaimana?

Hal tersebut dijelaskan oleh Hokky Situngkir, seorang Peneliti Bandung FE Institute saat acara Sumpah Pemuda Yayasan Sobat Budaya di Smesco Jakarta, Minggu (30/10). Dia berkata bahwa peradaban dari para leluhur Indonesia tidak ada satu pun yang mengenal istilah matematika, bahkan satuan panjang, namun mereka dapat membangun rumah ditambah dengan ukiran yang begitu presisi.

“Tidak ada satu suku pun di Indonesia yang mengenal satuan panjang dan busur. Bagaimana mereka membangun rumah tradisional mereka? Ilmu matematika modern menjelaskan cara berpikir nenek moyang kita ketika membangun rumah adat di Nusantara.Nenek moyang kita memulai ukiran-ukiran rumah dengan mengisi kekosongan yang ada dan tidak pernah menimpa ukiran yang telah dibuat,” jelas Hokky yang juga menjadi salah satu anggota Komunitas Horas Halak Hita (H3).

Lebih menarik lagi, ilmu matematika modern lah yang menunjukkan pola berpikir matematik dari para leluhur Indonesia. Seperti halnya ukiran pada rumah adat Batak atau rumah Bolon. Ukiran dimulai dari mengisi kekosongan ruang pada tempat yang akan diukir. Kemudian dilanjutkan dengan pola tumbuh dari titik dasar seperti salur-saluran (ukir). Teknik terakhir yang dipakai yaitu teselasi geometris dengan mengupayakan gambar untuk tidak saling menimpa. (rnd)

BAGIKAN
Berita sebelumyaKemenhub Siapkan Dukungan Pembangunan Danau Toba
Berita berikutnyaSektor Wisata Andalkan Pembangunan Bandara
Media online komunitas sekaligus wadah persaudaraan masyarakat bersifat inklusif. Aktivitas Htiga.org menyajikan kabar terbaru hingga mendokumentasikan perkembangan dari progam dan kegiatan komunitas yang bertujuan positif untuk berperan dan mendukung kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia.